Senin, 26 Maret 2012

LAPORAN PEMBUATAN TAPE SINGKONG


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya kepada kami penulis sehingga mampu menyelesaikan, laporan ini dengan judul : “LAPORAN PEMBUATAN TAPE SINGKONG”, dengan baik.
Tujuan penulisan laporan ini adalah untuk memenuhi salah satu nilai tugas pelajaran biologi kelas X-2 Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan.
Ada pepatah mengatakan “Tak ada gading yang tak retak”, itulah jati diri kami penulis sebenarnya. Penulis menyadari akan kekurangan dan keterbatasan pada diri penulis sehingga penyusunan laporan ini masih bisa terbilang  jauh dari kata sempurna.
Dalam penyusunan laporan ini dan juga pada saat melakukan pembuatan tape singkong tersebut kami banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, baik materi maupun non materi.  Dalam kesempatan ini kami ingin menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya pada seluruh pihak yang ikut membantu.
Semoga Allah SWT akan memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya atas bantuan mereka.  AMIN.  Semoga penyusunan laporan ini membawa manfaat bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran pada khususnya.


Bangkalan,30 November 2010



Penulis
 
Bab I
Pendahuluan


1.1 Latar Belakang Pembuatan
         
Pertama untuk memenuhi nilai tugas pelajaran biologi . Yang kedua adalah supaya kita tidak hanya bisa makan tape singkong itu sendiri tapi kita juga bisa merasakan tape singkong buatan kita sendiri, pasti menyenangkan ! dan pastinya pembuatan tape singkong ini sangatlah bermanfaat, menambah pengetahuan kita untuk membuat tape singkong. Siapa tahu saja? Suatu saat nanti , kita bisa mengembangkan tape singkong ini menjadi sebuah bisnis sukses yang bisa saja sangat menjamin masa depan kita serta kita menjadi pengusaha sukses !

1.2 Tujuan Pembuatan

1. Mengetahui cara membuat tape singkong.
2.     Mengetahui apa saja yang diperlukan untuk membuat tape singkong tersebut.
3.     Agar kita juga merasakan ,apa yang dirasakan para pembuat tape singkong bahwa hal itu tidaklah mudah.

1.3 Manfaat Pembuatan
          Dengan adanya laporan ini, kami mengharapkan agar siswa tahu bagaimana membuat tape singkong sendiri tanpa mengharuskan kita untuk mengeluarkan uang untuk sekedar membeli tape singkong. Tetapi selain itu juga kita bisa belajar dan mngetahui membuat tape singkong


 
Bab II
Pembahasan

2.1 Tape Singkong
      
Sejak kapan tape singkong ini ada? Jawabannya sejak jaman dulu. Yang jelas sejak saya SD pun tape singkong sudah ada. Dulu memang Ibu sering bikin sendiri tape singkong tetapi sekarang memilih untuk beli di pasar saja. Kalau nggak mau ribet coba kita bikin sendiri yuks. Siapa tau dapet ide baru buat bisnis kuliner.
Selain itu juga kandungan gizi yang terdapat dalam tape singkong ini sangatlah banyak dan berguna bagi kesehatan kita sebagai manusia.  Jadi kalian tidak akan menyesal apabila mencoba tape singkong ini . Hmmm, Yummy ! dan menyehatkan lagi . Pasti nyesel deh kalau kalian tidak mencobanya.
2.2 Bahan yang digunakan
Bahan :
1.       1.5 kg singkong
2.       1.5 butir ragi tape, dihaluskan
3.       daun pisang untuk alas.

2.3Cara Pembuatan
Cara Membuat tape singkong:
1. Singkong dikupas , dicuci bersih

2. Kukus singkong hingga matang. (Jangan kematangan ya karena nanti hasilnya jadi benyek). Dinginkan.

3. Setelah dingin, tata singkong dalam wadah bertutup yang telah dialasi daun pisang. (wadahnya kalo bisa disteril dulu biar ga ada bakteri yang bisa menghambat proses fermentasi).


4. Taburi dengan ragi tape hingga rata.
5. Tutup kembali dengan daun pisang lalu tutup dengan tutup wadahnya. Diamkan di tempat hangat selama 2-3 hari.
6. Setelah 2-3 hari kemudian tape singkong pun sudah jadi.
7. Anda juga bisa sajikan dengan keju
8. kemudian dikemas dalam wadah.
Dan tape singkong pun siap !!!!


BAB III
Penutup

3.1 Simpulan
                                 Berdasarkan uraian pada bab-bab sebelumnya maka pada bab ini kami akan memaparkan beberapa hal sebagai suatu simpulan dari keseluruhan bab ini.
                                               Bahwasanya membuat tape singkong itu sendiri memang tidaklah mudah tetapi tidak juga terlalu susah. Memang membutuhkan beberapa hari untuk membuatnya , tapi bukankah itu tak terlalu susah buat anda mencoba membuatnya sendiri. Bagaimana pun hasilnya , yang terpenting anda mau mencobanya  dengan tenaga anda sendiri.
                                               Jadi , anda jangan pernah letih mencoba sesuatu yang baru dalam kehidupan anda !

3.2 Saran
                                               Menurut kami, akan lebih baik jika anda mencoba membuat tape singkong dengan jerih payah anda sendiri. Apapun hasilnya, pasti ada kebanggaan tersendiri dalam diri anda. Percayalah ! selain itu mungkin hal tersebut bisa memperkecil pengeluaran anda . Anda juga bisa menambah pengetahuan jika anda membuat tape singkong sendiri dan bisa juga anda mengembangkannya menjadi bisnis yang besar ! amin.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar