Ada kesalahan di dalam gadget ini

Senin, 26 Maret 2012

BIOMA TAIGA


Bioma adalah sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu.Bioma terbagi menjadi beberapa jenis, ditentukan oleh curah hujan dan intensitas cahaya mataharinya. Istilah bioma berhubungan dengan kumpulan spesies (terutama tumbuhan) yang dapat hidup di tempat tertentu di muka bumi tergantung pada iklim regionalnya. Jadi bioma adalah kumpulan spesies (terutama tumbuhan) yang mendiami tempat tertentu di bumi yang dicirikan oleh vegetasi tertentu yang dominan dan langsung terlihat jelas di tempat tersebut. Oleh karena itu biasanya bioma diberi nama berdasarkan tumbuhan yang dominan di daerah tersebut. Di permukaan bumi ini terdapat 7 macam bioma, yaitu :
1.     Tundra
2.     Taiga (targe)
3.     Gurun (padang pasir)
4.     Padang rumput
5.     Savana
6.     Hutan hujan tropis
7.     Hutan deciduous
Dan kali ini kita akan mempelajari bagaimana ciri atau karateristik dari salah satu jenis bioma yang ada diatas, yakni BIOMA TAIGA :
BIOMA TAIGA kebanyakan terdapat di belahan bumi utara. Taiga juga terdapat di pegunungan daerah tropis. Taiga terbesar terdapat di amerika utara, eropa, dan asia, membentang ke selatan di gunung-gunung yang tinggi. Bioma taiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
a.     Suhu pada musim dingin rendah.
b.     Hampir seluruhnya terdiri atas pohon-pohon conifer yang umumnya selalu hijau.
Tumbuhannya
Taiga yang khas terutama adalah spruce (picea). Selain itu juga terdapat alder (alnus), birch (betula) dan juniper (juniperus). Semak dan tumbuhan basah sedikit sekali.
Hewannya
Hewan khas untuk bioma ini adalah moose (rusa kutub). Hewan lain misalnya bajing, beruang hitam, ajag, marten dan burung-burung yang bermigrasi.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar